Wednesday, May 16, 2012

Pameran Fotografi Lindungi Orangutan


Pameran foto orangutan COP di Solo Grand Mall, pameran pertama yang
bertempatkan di perbelanjaan,  Minggu (13/5). (Foto: Dandra Shafira)




















SOLO - Centre of Orangutan Protection (COP) menggelar pameran fotografi orangutan di Solo Grand Mall, 12-13 Mei 2012 lalu. Acara ini bertujuan untuk mengkampanyekan upaya perlindungan Orangutan sebagai satwa asli Indonesia yang terancam punah.

Hal  tersebut diungkapkan oleh Arfiana Khairunnisa, Communication Officer COP saat ditemui disela-sela pameran. “Dengan kegiatan-kegiatan ini, COP berharap dapat membangkitkan awareness masyarakat akan nasib Orangutan yang kian hari kian terdesak dan akhirnya mati sia- sia,” ujarnya.

Arfiana juga menjelaskan, COP merupakan organisasi perlindungan Orangutan satu-satunya yang digarap oleh putra bangsa Indonesia. “Karena organisasi Orangutan lainnya itu dari luar negeri. Dari dua puluh sekian organisasi Orangutan, kami, COP, merupakan satu-satunya yang asli Indonesia,” jelasnya.

Selain pameran-pameran, jenis kampanye perlindungan Orangutan yang dilakoni COP meliputi perlindungan Orangutan di Kalimantan dengan memberikan penyuluhan kepada masyakarat di sana. Upaya lain yang dilakukan yaitu pendampingan kebun binatang.

Adapun untuk pendampingan kebun binatang, saat ini COP mendampingi Kebun Binatang Ragunan Jakarta, Kebun Binatang Mangkang di Semarang, dan Kebun Raya Universitas Mulawarman di Samarinda.

“Selain ini kita juga berkampanye secara langsung misalnya bentuk demonstrasi di depan kebun binatang untuk menuntut kesejahateraan Orangutan,” tambah Arfiana.(Diandra)

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More